PEMBIAYAAN, SARANA DAN PRASARANA, SERTA SISTEM INFORMASI 

Pembiayaan 

pembiayaan dalam 3 tahun terakhir

Sarana 

Sarana untuk menjamin penyelenggaraan program tridarma PT yang bermutu tinggi cukup dan tersedia dengan akses jaringan lokal dan jaringan luas. Semua sarana yang tersedia dalam kondisi wajar/layak pakai. Semua ruangan kelas dan ruang administrasi sudah dilengkapi dengan jaringan kabel internet. Selanjutnya, semua lokasi di dalam dan di sekitar gedung pascasarjana sudah dilengkapi jaringan internet nirkabel (wireless). Penggunaan jaringan nirkabel sudah disebarluaskan ke seluruh staff dan mahasiswa dengan cara mendaftarkan laptop (komputer pribadi) ke divisi Infokom (Informasi dan Komunikasi).

Rencana pengembangan lima tahun ke depan:

(1) melengkapi seluruh ruang kelas dengan audio visual AIDS, ruang administrasi dengan jaringan telepon, auditorium dengan video conference, dan setiap loby dilengkapi dengan CCTV untuk keamanan;
(2) Untuk meningkatkan kenyamanan mahasiswa dalam akses internet setiap koridor pada setiap lantai akan dilengkapi dengan meja dan kursi;
(3) Pengembangan sumber referensi baik berupa buku maupun jurnal dengan berlangganan dan memproduksi dari hasil karya tulis/penelitian mahasiswa dan dosen; (4) menyediakan ruangan untuk dosen tamu, ruang pengurus alumni;
(5) penambahan ruang ujian tertutup; dan (6) penyediaan computer untuk pelayanan umum di lobi lantai I dan lantai II.

Sarana transportasi yang dikembangkan meliputi pengadaan kendaraan roda dua 1 unit untuk transportasi/pengiriman surat-surat; 1 unit kendaraan roda empat untuk transportasi direktur; 2 unit kendaraan roda empat untuk transportasi urusan pegawai ke Bukit, sekretariat Program Pascasarjana, dan program studi. Sampai saat ini belum ada kendala yang serius.

Sarana Tambahan

Sarana Tambahan

Prasarana 

Program Pascasarjana Universitas Udayana memiliki dua buah bangunan gedung induk dengan luas bangunan 3.200 m2 berlantai empat, terdiri atas 3 ruang pimpinan, 31 ruang kelas, 2 ruang adiministrasi, 1 ruang perpustakaan, 4 ruang 5iding, 3 ruang ujian, 1 aula, dan 2 gudang. Untuk Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi, ruang Pimpinan, Administrasi, dan kelas disediakan secara memadai oleh Fakultas Ekonomi. Untuk Program Studi Doktor Kajian Budaya dan Program Doktor Linguistik, ruang Pimpinan dan Administrasi disediakan di Fakultas Sastra Unud. Sementara ruang perkuliahan disediakan di gedung Pascasarjana. Untuk Program Studi Doktor dalam bidang Ilmu-ilmu Alamiah, ruang laboratorium disediakan di fakultas masing-masing.

Melihat ketersediaan prasarana di atas, dapat dikatakan bahwa prasarana yang tersedia sangat memadai untuk melaksanakan proses pembelajaran. Dalam lima tahun ke depan dengan peluang terbentuknya program studi doktor baru sangat memungkinkan maka pengembangan prasarana sangat dibutuhkan. Prioritas utama dengan cara pengaturan penggunaan ruangan yang lebih efektif melalui sistem managemen informasi penggunaan ruangan hampir tidak ada kendala yang dihadapi dalam penambahan prasarana.

Prasarana Tambahan

Prasarana Tambahan

Sistem Informasi 

Arah pengembangan sistem informasi di Unit Pengelola Program Studi Doktor Program Pascasarjana Universitas Udayana mengikuti arah pengembangan sistem informasi terintegrasi Universitas Udayana. Jenis sistem informasi yang dikembangkan meliputi (a) Bidang Akademik & Kemahasiswaan, terdiri atas Sistem Informasi Penjaminan Mutu; Sistem Informasi Kegiatan Kemahasiswaan; E-learning, Distance Learning, Open Courseware; Sistem Informasi Akademik Kemahasiswaan; Sistem Informasi Penelitian; Sistem Informasi Pengabdian Masyarakat; E-Library; (b) Bidang Keuangan & Perencanaan, meliputi Sistem Informasi Keuangan; Sistem Informasi Perencanaan; (c) Bidang Sumber Daya meliputi Sistem Informasi Kerjasama; Sistem Informasi Kearsipan; Website Personal Dosen; Sistem Informasi Kepegawaian; Sistem Informasi Inventarisasi/Aset; (d) Layanan Internal meliputi Sistem Informasi Eksekutif; Datawarehouse; Web Site Internal; (e) Layanan Eksternal meliputi Web-Site untuk Pihak Eksternal; Layanan Informasi Keluar; Data Eksternal.

Sistem informasi yang telah diimplementasikan meliputi Sistem Informasi Perencanaan; Sistem Informasi Akademik; Website Personal Dosen, E- learning, Distance Learning, Open Coursewere; Sistem Informasi Penelitian; Sistem Informasi Pengabdian Masyarakat; E-Library; Sistem Informasi Kepegawaian.

Sistem informasi yang sedang dikembangkan adalah Sistem Informasi Penelitian; Sistem Informasi Pengabdian Masyarakat; dan Sistem Informasi Inventarisasi/Aset. Sistem informasi yang masih dalam perencanaan meliputi Sistem Informasi Penjaminan Mutu; Sistem Informasi Kegiatan Kemahasiswaan; Sistem Informasi Kerjasama; Sistem Informasi Kearsipan; Layanan Informasi Keluar; Data Eksternal. Sistem informasi ini bermanfaat sebagai sumber infromasi dalam pengambilan keputusan.

Sejak tahun 2007 Unud mulai mengembangkan sistem informasi yang terintergrasi dengan meggunakan sambungan fiber optic di beberapa titik salah satunya di Gedung PPs Unud. Secara keseluruhan bandwidth yang dimiliki oleh Unud sebesar 100 Mbps yang dibagi secara proporsional ke masing- masing fakultas dan pascasarjana. Dengan tersedianya perangkat jaringan intranet dan internet baik yang fixed line maupun wireless ke masing-masing prodi, sekretariat dan ruang kuliah, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan akademik yang ada di PPs Unud. Untuk menunjang proses pembelajaran disetiap ruang kuliah disediakan satu unit komputer multimedia dan LCD proyektor. Akses internet dapat digunakan secara gratis bagi seluruh sivitas akademika. Di PPs Unud juga telah memiliki fasiltas video confrence yang memungkinkan digunakan untuk meeting jarak jauh, perkuliahan, dsb. Dalam menjaga keamanan di area gedung PPs Unud telah terpasang kamera CCTV di 15 titik. Sistem informasi yang digunakan di PPs Unud adalah sistem informasi yang dikembangkan oleh Unud dibawah koordinasi UPT. Puskom diantaranya Sistem Informasi Akademik (SIMAK), Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG), Sistem Informasi Akuntansi Keuangan (SIAKU), Open Journal System (OJS Unud), Sistem Informasi Manajemen Perencanaan (SIMPER), Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SIMABA), Wisuda Online, dsb. Untuk saat ini, sedang dikembangkan sistem informasi (Integrated Management Information System of Udayana) yang terintegrasi bagi mahasiswa, dosen, dan pegawai dilingkungan Unud.

Penggunaan teknologi informasi di lingkungan Unud khususnya PPs Unud sudah menjadi kebutuhan untuk mencapai efisiensi dan efektifitas seluruh kegiatan sivitas akademik. Berdasarkan tujuan dari penerapan teknologi informasi tersebut maka berbagai bentuk aplikasi teknologi informasi yang tersedia dimanfaatkan sebagai pendukung pengambilan keputusan dan kebijakan. Seperti Sistem Informasi Akademik (SIMAK) adalah aplikasi yang digunakan untuk pengolahan data perkembangan mahasiswa dari mulai kuliah sampai tamat. Dengan aplikasi ini pihak Pimpinan PPs Unud maupun pengelola Prodi dapat memonitor progress study masing-masing mahasiswa dan dosen pengajar yang jika diperlukan dapat digunakan sebagai refrensi dalam pengambilan sebuah keputusan. Sistem Akuntansi Keuangan Udayana (SIAKU) dimanfaatkan untuk pengelolaan semua transaksi keuangan di Unud yang terintegrasi dengan masing-masing unit kerja sehingga proses transaksi keuangan lebih cepat, tepat dan dengan tingkat kesalahan seminimal mungkin.

Upaya penyebaran informasi/kebijakan untuk sivitas akademika di unit pengelola program studi doktor dilakukan melalui surat, telepon nomor (0361) 222510; faksimili nomor: (0361) 223797, mailing list, e-mail: pascasarjana@unud.ac.id, dan buletin Berita Pascasarjana yang terbit tiga bulanan.

Dengan melihat ketercukupan, ketersediaan, dan kewajaran fasilitas pengembangan sistem informasi saat ini, rencana pengembangan sistem informasi jangka panjang sudah direncanakan dan kendala-kendala yang dihadapi tidak ada.

Universitas Udayana Ilmu Kedokteran Biomedik BR STD F6 07102015125709 (203.0 KiB, 266 downloads)