Visi

Visi Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Udayana adalah: menjadi pusat pendidikan pascasarjana yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran berdasarkan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Kebudayaan sehingga dapat menghasilkan lulusan yang unggul,mandiri, dan berbudaya serta mempunyai daya saing di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2027.

Misi

Misi yang diemban Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Universitas Udayana adalah :
1. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran berdasarkan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Kebudayaan.
2. Menghasilkan sumber daya yang unggul, mandiri dan berbudaya di bidang ilmu kedokteran.
3. Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi sumber daya dalam bidang riset ilmu kedokteran.
4. Meningkatkan kegiatan penelitian , pelayanan dan pengabdian pada masyarakat bertaraf nasional dan internasional, berlandaskan budaya, moral, dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat.

Dokumen Pendukung
Panduan Akademik Prodi S3 Ilmu Kedokteran
Renstra Prodi S3 Ilmu Kedokteran
Log Book

Tujuan Program Studi

Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran yang mampu menyelenggarakan pendidikan pascasarjana ilmu kedokteran yang bertujuan untuk:
1) Menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, berbudaya, berjiwa Pancasila dan memiliki integritas ilmiah di bidang ilmu kedokteran.
2) Menghasilkan lulusan yang bersifat terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi serta permasalahan yang dihadapi masyarakat.
3) Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi dan/ atau menciptakan penemuan baru dalam melakukan penelitian secara profesional.
4) Menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam lingkungan keahliannya untuk menemukan jawaban dan/ atau memecahkan permasalahan yang kompleks termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin.
5) Menghasilkan lulusan yang mampu memproduksi dan mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya baik dengan sejawat maupun khalayak yang lebih luas.
6) Menghasilkan lulusan beridentitaskan budaya, moral, dan integritas tingi serta riset bertaraf nasional, dan internasional yang berlandaskan pengembangan iptek.

Sasaran Program Studi

1. Terwujudnya sistem pembelajaran berbasis kearifan lokal dan sistem penjaminan mutu yang memadai.
2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas
3. Meningkatkan penelitian agar menghasilkan temuan baru yang berkualitas
4. Meningkatkan profesionalitas akademik dosen.
5. Meningkatkan kompetensi staf akademik dan staf administrasi.
6. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kapasitas dan peran serta dalam pengembangan Iptek.

Dengan demikian Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran telah memiliki visi yang lebih realistic terutama dalam rentang waktu capaian yaitu tahun 2027. Telah memiliki keterkaitan antara misi, tujuan, dan sasaran Prodi. Sasaran Prodi dengan strategi pencapaian target yang:
(1) Sangat jelas.
(2) Sangat realistik.
(3) Saling terkait satu sama lain.
(4) Melibatkan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni dan masyarakat

Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi, serta Pihak-pihak yang Dilibatkan dan Strategi Pencapaian Program Studi

Mekanisme atau proses penyusunan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi doktor Ilmu Kedokteran Universitas Udayana dimulai sejak penyusunan usulan Pendirian Program Studi. Penyempurnaan penyusunan visi, misi dan tujuan dilakukan setelah Program Studi mendapatkan ijin Pendirian (2000). Secara ringkas mekanisme dan proses penyusunan Visi, Misi, dan Tujuan dapat diurai sebagaimana berikut:
– Rapat Pendirian Prodi Doktor Ilmu Kedokteran dipimpin Direktur Program Pascasarjana Unud yang pertama terpilih pada tanggal 16 Oktober 2000 oleh Prof Dr dr I Made Bakta, SpPD(K), bertempat di Jl Panglima Besar Sudirman-Denpasar.
– Rapat penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran prodi berdasarkan visi misi Universitas Udayana dan disempurnakan dalam Rapat Renstra dan Renja Program Pascasarjanan Unud (2 Juni 1999) bertempat di Jl Panglima Besar Sudirman-Denpasar.
– Rapat penyempurnaan dan penajaman visi, misi Prodi (setelah Prodi berdiri, 9 Maret 2000) dipimpin oleh Prof Dr dr Adiputra MOH sebagai Kaprodi pertama, bertempat di Gedung Pascasarjana Unud di Jl Panglima Besar Sudirman-Denpasar.
– Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Program Pascasarjana Univesitas Udayana diturunkan dari visi, misi, tujuan dan sasaran Program Pascasarjana.
– Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi S3 diawali dengan pembentukan panitia (task force) penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran oleh Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Program Pascasarjana UNUD.
– Tim melakukan persiapan dengan melakukan kajian Renstra terdahulu, mengumpulkan data dari seluruh laporan kegiatan dengan mengadakan pertemuan-pertemuan.
– Penyusunan visi misi ini dilakukan oleh Panitia dengan melibatkan semua civitas akademika, tenaga kependidikan, stakeholder dan alumni, dan pengguna lulusan.
– Tim melakukan analisa SWOT sebagai evaluasi diri dan penyusunan rencana strategis lima tahun kedepan. Setelah naskah draft dianggap cukup lengkap dan telah tersusun dengan baik, hasilnya dilaporkan kepada Direktur Pascasarjana untuk dilakukan perbaikan seperlunya.
– Tahap berikutnya Prodi bekerjasama dengan semua civitas akademika, tenaga kependidikan, stakeholder dan alumni menyusun Rencana Strategis (Renstra), dengan berlandaskan pada visi, misi, tujuan dan sasaran untuk menjadikan institusi ini sebagai Prodi Doktor yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran berdasarkan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Kebudayaan sehingga dapat menghasilkan alumni yang unggul,mandiri, dan berbudaya pada tahun 2027.
– Dengan demikian tersusunlah visi, misi, tujuan, dan sasaran Prodi Doktor Ilmu Kedokteran, dicantumkan di dalam rencana strategis (Renstra). Pihak-pihak yang terlibat baik pada penyusunan awal maupun dalam tahap penyempurnaan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi Doktor Ilmu Kedokteran Unud, meliputi semua stakeholders sebagai berikut:
a. Direktur PPS Unud
b. Ketua dan Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Unud
c. Ketua dan Sekretaris Konsentrasi Prodi Doktor Ilmu Kedokteran Unud
d. Ketua dan Sekretaris Magister Ilmu Kedokteran Biomedik
e. Dosen Magister Ilmu Kedokteran Biomedik
f. Dosen Doktor Ilmu Kedokteran Unud
g. Staf administrasi Program Doktor Ilmu Kedokteran Unud
h. Perwakilan Alumni (IKAYANA)
i. Pengguna (user) misalnya Direktur RS Sanglah dan perguruan tinggi pengguna lainnya
j. Organisasi profesi IDI, IAIF dsb

Berdasarkan pada uraian di atas dapat disimpulkan bahwa mekanisme atau proses penyusunan Visi, Misi, dan Tujuan Prodi Doktor Ilmu Kedokteran Unud sudah sangat jelas, realistis, dan terkait antar Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dengan melibatkan Pemangku kepentingan.

Sasaran dan Strategi Pencapaian Target

SASARAN STRATEGI PENCAPAIAN TARGET
1. Terwujudnya sistem pembelajaran berbasis kearifan lokal dan sistem penjaminan mutu yang memadai. – Penerapan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Kebudayaan UNUD
– Penerapan Manual Mutu Akademik sebagai indikator implementasi PIP Kebudayaan
2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas – Seleksi mahasiswa yang berkualitas (TOEFL >550, TPA>500)
– Perbaikan kurikulum berkesinambungan (tiap 3 tahun)
– Peningkatan sarana pendidikan; sarana kuliah yang lengkap (ruang kuliah memadai, Laptop, AC, Layar, LCD Projector, free internet/Wifi 3Mbps);  perpustakaan (bahan pustaka, e library, koleksi disertasi, jurnal nasional dan internasional); sarana umum (Toilet, sofa, pojok rehat, Wifi 3Mbps)
– Perangkat perkuliahan yang lengkap (Silabus, SAP, Kontrak Kuliah)
3. Meningkatkan penelitian agar menghasilkan temuan baru yang berkualitas – Dosen memiliki agenda penelitian
– Melibatkan dosen, mahasiswa, alumni, pengguna baik sebagai tim peneliti, tenaga lapangan, tenaga analisis atau informan / responden.
– Ada Lingkup jaringan penelitian nasional maupun internasional
– Pengajuan dana hibah penelitian
4. Meningkatkan profesionalitas akademik dosen. – Peningkatan jabatan guru besar dari dosen tetap yang belum bergelar guru besar.
– Pengiriman dosen ke universitas di luar negeri dalam rangka peningkatan sumber daya manusia
– Penulisan artikel ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi dan internasional bagi dosen tetap.
– Penulisan buku-buku bidang Ilmu Kedokteran
– Pengabdian masyarakat dilakukan melalui kerjasama dengan stakeholders dengan melibatkan mahasiswa, alumni dan pengguna.
5. Meningkatkan kompetensi staf akademik dan staf administrasi. – Pelatihan metodologi penelitian
– Pelatihan metode penulisan jurnal
– Pelatihan bahasa asing
– Melibatkan dosen dalam lokakarya, simposium maupun seminar dalam dan luar negeri
– Pelatihan Pengoperasian website nasional dan internasional
– Pelatihan pengadaaan barang dan jasa
– Pelatihan tata kelola keuangan
– Pelatihan evaluasi program studiberdasarkan evaluasi diri
– Pelatihan Operator SIMAK DAN SIAKU berdasarkan ISO 9001- 2008
6. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kapasitas dan peran serta dalam pengembangan Iptek . – Kerjasama Beasiswa BPPS dengan DIKTI
– Kerjasama Beasiswa Unggulan dengan Biro kerjasama luar negeri DIKBUD
– Keikutsertaan mahasiswa dalam program beasiswa sandwich.
– Penulisan leaflet, website, formulir pendaftaran, berbagai peraturan program doktor dalam bahasa Inggris bagi promosi mahasiswa Timor Leste dan Malaysia.
– Program memperluas MOU dengan institusi dari luar negeri.

Sosialisasi

Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

Untuk mengetahui skor tingkat pemahaman visi, misi tujuan dan sasaran Prodi oleh seluruh pemangku kepentingan internal maka kami sudah melakukan survey kepada seluruh mahasiswa dengan menyebarkan kuisioner. Kuisioner disebarkan via email kepada seluruh Dosen, mahasiswa dan alumni. Berdasarkan kuisioner yang kembali, hasil tabulasi sebagai berikut :
1. Tingkat pemahaman terhadap visi misi sebesar 79,2 %;
2. Sebanyak 70,8 % responden beberapa kali ikut dalam kegiatan sosialisasi visi misi;
3. Sebanyak 100 % responden setuju dengan 4 misi yang kita miliki dalam mencapai visi;
4. Seluruh responden mendukung bahwa visi misi meningkatkan atmosfir akademik.
5. Seluruh responden setuju dengan pemaparan visi misi;
6. Sebanyak 95, 8 % responden berpendapat bahwa semua kegiatan akademik terakomodir dalam visi misi;
7. Seluruh responden menyatakan seluruh kegiatan pelayanan administrasi menunjang pencapaian visi misi;
8. Sebanyak 95,8 % responden menyatakan strategi pencapaian sesuai dengan visi misi;
9. Seluruh responden menyatakan perlunya sosialisasi visi misi secara berkelanjutan;
10. Seluruh responden menyatakan visi misi memang diperlukan untuk mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melalui leaflet, spanduk, banner

Upaya sosialisasi visi, misi dan tujuan Program studi Doktor Ilmu Kedokteran Unudsecara eksternal dilakukan melalui penyebaran leaflet ( lihat Ilustrasi 1) dan pemasangan iklan di media cetak. Selain itu juga dilakukan sosialisasi secara internal dengan pemasangan spanduk dan banner di Gedung Program Pascasarjana Jl. PB Sudirman – Denpasar

Melalui website

Sosialisasi juga dilakukan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi yaitu dengan pembuatan Direktori Website Program Doktor Ilmu Kedokteran Unud pada website PPS Unud (http://www.s3ilmukedokteranunud.org/) sehingga visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Unud dapat diakses secara online.

Sosialisasi langsung

1) Sosialisasi pada tingkat pimpinan konsentrasi Dilakukan langsung oleh Kaprodi dan sekprodi kepada ketua-ketua konsentrasi dan sekretaris prodi dilingkungan prodi pada saat rapat senat rutin setiap 3 bulan
2) Sosialisasi kepada Dosen Dilakukan pada saat rapat awal dan akhir semester, pertemuan rutin dosen, dan melalui tulisan visi misi yang diletakan diruang dosen, ruang kuliah, ruang diskusi, dan ruang Ketua Prodi
3) Sosialisasi kepada tenaga kependidikan Dilakukan oleh Kaprodi pada saat rapat rutin setiap 3 belan dengan tenaga kependidikan
4) Sosialisasi kepada mahasiswa Sosialisasi kepada mahasiwa baru dilakukan pada saat pertamakali mahasiswa mengikuti pengenalan kehidupan kampus seperti pada acara kuliah Matrikulasi tingkat prodi. Selain itu sosialisasi juga melalui buku panduan akademik, media mahasiswa serta memasang pada tempat strategis, seperti di loby, ruang kuliah dan tempat-tempat yang memungkinkan. Kegiatan dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan sehingga semua sivitas akademika dan tenaga kependidikan bisa memahami secara baik.

Universitas Udayana Ilmu Kedokteran Biomedik BR STD 1 19082015105342FINAL (240.9 KiB, 247 downloads)