1. ANALISIS SITUASI

Penyakit Diabetes Mellitus (DM) hingga saat ini masih menjadi pusat perhatian beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia. Hal ini disebabkan karena angka kejadian DM yang cukup tinggi dan dampak DM bagi kesehatan dan kehidupan para penderitanya.

Angka kejadian DM di dunia dan di Indonesia terus menunjukkan peningkatan dalam beberapa dekade terakhir. Kadar glukosa darah yang tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan perlu pemahaman yang baik dan benar mengenai penyakit DM dan pentingnya pengobatan yang kontinyu. Komplikasi yang sering dijumpai pada pasien diabetes mellitus adalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan saraf, gagal ginjal, dan katarak.

Kenyataannya, DM merupakan penyakit metabolik yang salah satu faktor penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman manis, makanan berlemak, dan kurang olahraga. Hal-hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan cara mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur. Selain itu, pemeriksaan kadar gula darah secara berkala merupakan salah satu tindakan pencegahan yang sangat penting untuk mendeteksi secara dini terjadinya DM dan mencegah timbulnya komplikasi lebih lanjut. Seperti telah diketahui bahwa penyakit DM seringkali baru menimbulkan gejala bila sudah terjadi komplikasi.

Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Madya Denpasar, Provinsi Bali merupakan banjar yang terletak pada dataran rendah yaitu pada ketinggian 220 – 340 meter di atas permukaan laut. Secara dinas, Banjar Ujung masuk Kecamatan Denpasar Timur, dan merupakan bagian dari Desa Adat Kesiman.

Lokasi Banjar Ujung terletak di pusat kota Denpasar. Walaupun relatif dekat dengan pusat kota dan termasuk area tujuan wisata, ternyata mayoritas penduduknya masih menjadi buruh serabutan. Keadaan ini menyebabkan pendapatan perkapita penduduknya relatif rendah.

Banjar Ujung termasuk ke dalam wilayah binaan Puskesmas Denpasar Timur 2. Jarak antara Banjar Ujung dengan Puskemas Denpasar Timur 2 cukup jauh kurang lebih 4 km hal ini yang menyebabkan akses ke tempat pelayanan kesehatan kurang maksimal. Selain menjadi buruh serabutan penduduk Banjar Ujung ada juga yang bermata pencaharian sebagai pengerajin dan pelukis. Dahulu sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai pengerajin dan pelukis tetapi semenjak krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1997 dan Bom Bali I dan II menyebabkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bali berkurang sehingga sebagian besar penduduk kehilangan mata pencahariannya dan beralih ke pertanian.

Undang Undang Kesehatan nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan, deklarasi Alma Alta, dan kampanye WHO bertujuan untuk mewujudkan taraf hidup di bidang kesehatan yang optimal melalui reinforcement kesadaran hidup sehat bagi setiap orang. Untuk maksud tersebut serta melihat kondisi Banjar Ujung, maka dalam rangka mempercepat proses pembangunan kesehatan di pedesaan khususnya di Banjar Ujung akan dilaksanakan program pengabdian kepada masyarakat berupa pelayanan kesehatan masyarakat secara cuma-cuma. Kegiatan ini akan membantu meringankan salah satu tugas Puskesmas Denpasar Timur 2 yang mewilayahi Banjar Ujung dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

  1. PERUMUSAN MASALAH

Masyarakat Banjar Ujung, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Madya Denpasar mempunyai gaya hidup yang berisiko terhadap terjadinya peningkatan kadar gula darah. Sementara itu, masyarakat di banjar tersebut, terutama yang termasuk kelompok risiko tinggi, belum melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara berkala. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan:

  1. Bagaimanakahprofil kadar gula darah masyarakat di Banjar Ujung, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Madya Denpasar?
  2. Bagaimanakah pula gambaran kejadian penyakit pada masyarakat Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Madya Denpasar?

 

  1. TUJUAN

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeteksi dini dan mengobati pasien DM dan memberikan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma kepada masyarakat di Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Madya Denpasar serta untuk merealisasikan sejumlah program yang telah dibuat oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Udayana. Kegiatan ini bertujuan pula membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Banjar UjungDenpasar Timur.

 

  1. MANFAAT

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelayanan kesehatan secara cuma-cuma di Banjar Ujung diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dengan lebih mendekatkan peran P2M UNUD sebagai lembaga pengabdian kepada masyarakat, khususnya terhadap masyarakat di pedesaan yang taraf hidupnya di bidang kesehatan masih kurang, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan di desa tersebut.

 

  1. PEMECAHAN MASALAH

Untuk turut membantu memecahkan masalah-masalah kesehatan di Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur seperti yang telah diuraikan diatas, maka langkah-langkah yang dapat ditempuh antara lain:

  1. Mengadakan Pemeriksaan kadar gula darah bagi masyarakat yang beresiko dan yang telah menderita DM di Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur.
  2. Memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada masyarakat di Banjar Ujung yang diberikan secara cuma-cuma.
  3. Diberikan penyuluhan baik itu perorangan maupun berkelompok, diharapkan dengan melakukan kegiatan ini, tingkat kesehatan dan juga pengetahuan mengenai kesehatan masyarakat khususnya di Banjar Ujung dapat ditingkatkan.

 

  1. KHALAYAK SASARAN STRATEGIS

Khalayak yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah seluruh penduduk Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar yang memerlukan pengobatan atau memiliki masalah kesehatan. Masyarakat ini ditunggu kedatangannya di Balai Banjar Ujung untuk kemudian diperiksa kesehatannya.

 

  1. METODE KEGIATAN

Sebelum pelaksanaan kegiatan dilakukan terlebih dahulu dilakukan observasi lokasi sekitar April 2017. Dalam observasi lokasi telah disepakati pelaksanaan kegiatan berupa pelayanan kesehatan. Untuk merealisasikan kegiatan tersebut, kami meminta bantuan dari pihak Kepala Dusun untuk menyebarkan informasi tentang pelayanan kesehatan secara cuma-cuma.

Pada hari pelaksanaan kegiatan, masyarakat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur diberikan penyuluhan awam tentang penyakit kencing manis, lalu dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan kadar gula darah. Masyarakat yang menderita kadar gula darah tinggi diberikan obat dan nasihat medis untuk pengobatan selanjutnya, dan masyarakat yang didapatkan menderita penyakit lain diberikan pengobatan sesuai dengan penyakit yang ditemukan.

 

  1. RENCANA KEGIATAN DAN JADWAL

Kegiatan akan dilakukan mulai bulan Juni 2017 yang dimulai dengan menghubungi pihak – pihak terkait seperti Kepala Puskesmas Denpasar Timur 2, dan Kelihan Banjar Ujung untuk bantuan kerjasamanya dalam melaksanakan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Agar lebih jelas, rencana kerjanya dapat dilihat pada tabel berikut ini :

NO KEGIATAN Oktober  2017      Minggu ke- November  2017
Minggu ke-
Desember 2017
Minggu ke-
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Persiapan
3 Penjajagan Lokasi
4 Pelayanan
5 Menyusun laporan

 

  1. RENCANA EVALUASI

Evaluasi kegiatan ini akan dilakukan:

  1. Pemeriksaan fisik, status kesehatan dan pemeriksaan kadar gula darah masyarakat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur yang dituangkan dan dituliskan ke dalam kuesioner.
  2. Kehadiran dan keaktifan masyarakat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur dalam mengikuti kegiatan pengabdian dan survei kesehatan ini yang dievaluasi dari daftar hadir.

 

  1. HASIL KEGIATAN

Kegiatan pengabdian masyarakat, pemeriksaan gula darah dan survei kesehatan di Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur ini kami lakukan mulai dengan melakukan persiapan pelaksaan sebulan sebelumnya dengan melakukan koordinasi secara lisan dan surat kepada instansi dan kontak person terkait seperti Kepala Lingkungan, Kelian Adat dan Ketua PKK Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur, serta bersurat kepada Kepala Puskesmas Denpasar II.

 

 

Hari/Tanggal: Sabtu/23 Desember 2017

Kami melakukan persiapan menyiapkan tempat kegiatan di Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur, yaitu membersihkan Balai Banjar, memasang spanduk, menyiapkan meja dan kursi serta alat-alat untuk pemeriksaan dan obat-obatan yang akan digunakan saat Pengabdian Masyarakat dan Survei Kesehatan nantinya. Pada saat persiapan ini berkenan hadir Kelian Adat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur (Bapak Ida Bagus Putu Suardana) dan Ketua PKK Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur (Ibu Yuli Astiti Adiningsih) dan beberapa warga banjar ikut membantu.

 

Hari/Tanggal: Minggu/24 Desember 2017

Acara Pengabdian Masyarakat, Pemeriksaan Gula Darah dan Survei Kesehatan ini sudah dimulai sekitar pukul 08.30 WITA. Acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Program Studi (KPS) S3 Ilmu Kedokteran FK UNUD (Dr. dr. Bagus Komang Satriyasa, M. Repro), dilanjutkan dengan sambutan dari Kelian Adat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur (Bapak Ida Bagus Putu Suardana) sekaligus membuka kegiatan Pengabdian Masyarakat, Pemeriksaan Gula Darah dan Survei Kesehatan Tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan awam tentang penyakit kencing manis yang dibawakan oleh salah satu mahasiswa S3 Ilmu Kedokteran FK UNUD (dr. I Made Pande Dwipayana, Sp.PD-KEMD). Setelah itu dilakukan pemeriksaan kepada masyarakat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, tinggi badan, berat badan, lingkar perut, persentase lemak tubuh dengan alat bioelectric impedance, pemeriksaan massa otot, pemeriksaan gaya jalan, pemeriksaan THT dan pemeriksaan gula darah serta pemberian obat sesuai dengan penyakit yang didapatkan. Pada kesempatan tersebut ikut terlibat sebanyak 114 orang masyarakat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur yang mendapatkan pelayanan dan survei kesehatan (daftar nama dan hasil pemeriksaan terlampir).

 

 

JAM KEGIATAN PIC
07.00-07.30 WITA Persiapan.

 

Sie Acara
07.30-08.00 WITA 1.    Sambutan KPS Prodi Doktor Ilmu Kedokteran, FK UNUD.

2.    Sambutan Kelian Dusun Br. Ujung, Kesiman, Denpasar Timur.

 

Sie Acara
08.00-08.30 WITA 1.    Penyuluhan awam tentang Penyakit Kencing Manis.

2.    Pembagian snack box

 

Sie Penyuluhan

 

Sie Konsumsi

08.30-12.00 WITA Pemeriksaan Kesehatan, Gula Darah dan Survey Kesehatan.

 

Sie Pemeriksaan
12.00 WITA Penutupan.

 

Sie Acara

 

SIMPULAN

  1. Setelah kegiatan penyuluhan tentang kencing manis, masyarakat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur mendapatkan informasi tentang apa itu kencing manis, apa saja faktor risiko penyakit kencing manis, bagaimana mengetahui seseorang menderita kencing manis, bagaimana mengobati dan apa saja komplikasi yang bisa terjadi akibat penyakit kencing manis tersebut.
  2. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur, mereka mngetahui kondisi kesehatannya dan langsung mendapatkan pengobatan serta edukasi bagaimana selanjutnya mengelola penyakit yang mereka derita.
  3. Setelah dilakukan pemeriksaan kadar gula darah, masyarakat Banjar Ujung, Kesiman, Denpasar Timur mengetahui apakah mereka menderita kencing manis apa tidak, dan langsung mendapatkan pengobatan dan edukasi untuk penanganan selanjutnya.

 

SARAN

  1. Diperlukan upaya terus menerus oleh pihak kesehatan terkait dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan khususnya tentang penyakit kencing manis.
  2. Diperlukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan kadar gula darah rutin untuk penyapihan/screening terhadap penyakit kencing manis di masyarakat, karena semakin awal diketahui, akan semakin awal bisa ditangani sehingga komplikasi dapat dihambat/dicegah.

 

  1. SUSUNAN PANITIA PELAKSANA

 

Pelindung        : Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) Spine.

(Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana).

Dr. dr. Bagus Komang Satriyasa, M.Repro.

Ketua Panitia  : Dr. dr. Tjokorda Gde Bagus Mahadewa, M.Kes.,Sp.BS(K)Spinal.

Sekretaris        : Ketut Santhy Sattvika,S.E.

Bendahara       : dr. Susilawathi, Sp.S.

Ni Ketut Partini, S.Sos.

 

Sie Sekretariat : Deppy Librata, S.Kom.

I Made Arisandhi, S.S.

Ni Nyoman Arimani, S.Sos.

Anak Agung Juwita Dewi. S.Pd.H

 

Sie Acara         : dr. I Gede Budiarta, Sp.An., KMN. (Koordinator)

  1. I Wayan Aryabiantara, Sp.An., KIC.
  2. Dewa Putu Wisnu Wardhana, Sp.BS., FICS.

Ni Wayan Ariyani, SST., M.Keb.

 

Sie Logistik     : dr. Putu Agus Surya Panji, Sp.An., KIC. (Koordinator)

  1. I Gusti Ngurah Mahaalit Aribawa, Sp.An., KAR.
  2. I Gusti Ayu Agung Elis Indira, Sp.KK.

Bagus Arbi Adrianto, M.Erg.

Rohani, SST., M.Kes.

 

 

Sie

Pemeriksaan    : dr. I Wayan Losen Adnyana, Sp.PD-KHOM. (Koordinator)

  1. I Gusti Putu Suka Aryana, Sp.PD-K.Ger.
  2. Triwiji Nurdiastuti, M.Biomed., AAM.
  3. Fransiska Mochtar, Sp.OG., M.Biomed., AAM.
  4. Iing, M.Erg.
  5. Nadia Permatasari, M.Biomed., AAM.

Ns. Ni Ketut Guru Prapti, S.Kep., M.Ns.

Drs. Agustinus Dei, M.Fis.

Ns. Putu Ayu Sani Utami, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom.

I Made Kerta D, SKM., MPH.

Ns. Desak Putu Rismadewi, S.Kep., M.Kes.

Sie

Penyuluhan     : dr. I Made Pande Dwipayana, Sp.PD-KEMD. (koordinator)

  1. I Gusti Ayu Artini, M.Sc.
  2. Ini Putu Mirah Lydiawati, MM., AAK.

Ade Sri Mariawati, ST., MT.

Zul Hendry, S.Kep., Ners., M.Kep.

Sie

Transportasi     : dr. I Made Junior Rina Artha, Sp.JP(K)., FIHA. (Koordinator)

  1. Anak Agung Gde Yuda Asmara, Sp.OT.
  2. Ida Bagus Made Kartha, Sp.OG(K).

Sie

Dokumentasi   : dr. Kadek Ayu Candra Dewi, Sp.OT. (Koordinator)

  1. Agus Roy Rusly Hariantana Hamid, Sp.BP-RE(K).

 

Sie Konsumsi  : dr. Kumara Tini, Sp.S., FIND. (Koordinator)

  1. Ari Andayani, Sp.M(K).
  2. Ketut Widyastuti, Sp.S.

Sudarmi, SST., M.Biomed.

Drg. Putu Lestari Sudirman, M.Biomed.

Ayudyah Eka Apsari, ST., SS., MT.

Sie

Kerohanian      : dr. Sari Wulan Dwi Sutanegara, Sp.THT., KL.(K). (Koordinator)

  1. Putu Asih Primatanti, Sp.KJ.

 

Sie

Keamanan       : dr. I G.A. Gede Utara Hartawan, Sp.An., MARS. (Koordinator)

  1. I Wayan Eka Sutyawan, Sp.M.
  2. Si Ngurah Oka Putrawan, Sp.PK.

Category: Berita dan Kegiatan