Benchmarking Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta 2019

  1. Pendahuluan

            Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana sesuai dengan visi misinya mempunyai komitmen untuk Menjadi pusat pendidikan doktor di bidang ilmu kedokteran yang mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi kedokteran sehingga terwujud Doktor yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya dengan menghasilkan temuan baru (novelty) bagi pengembangan ilmu kedokteran yang memiliki daya saing nasional dan internasional baik dari rekrutmen mahasiswa, organisasi kemahasiswaan, administrasi dan pelayanan program studi, kegiatan akademik, kurikulum, sumber daya manusia dan sistem manajemen Program Studi, sehingga yang akan menjadi harapan kita bersama Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana nantinya menjadi Program Studi yang handal dan terdepan.

Atas dasar komitmen tersebut, maka Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana melaksanakan benchmarking ke salah satu Universitas yang representatif. Terpilihnya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sebagai tujuan benchmarking karena Universitas Gadjah Mada Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi yang mempunyai Fakultas Kedokteran dengan Predikat Akreditasi A. Untuk memastikan luaran benchmarking tersebut maka Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana telah mempersiapkan materi dan hal-hal apa saja yang harus di benchmarking-kan seperti :

  1. Rekrutmen mahasiswa
  2. Kurikulum
  3. Sistem Administrasi Akademik Program Studi
  4. Sistem Pengelolaan Keuangan
  5. Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium

 

  1. Tujuan Kegiatan
  2. Membandingkan kompetensi  dari Program Studi
  3. Melihat fasilitas laboratorium yang ada dan proses belajar mengajar
  4. Membandingkan Sistem Administrasi Akademik Program Studi
  5. Merintis jejaring kerjasama untuk penelitian dan pendidikan

 

III. Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Jumat dan Sabtu, 26-27 April 2019 kami berangkat dengan 5 personil, yaitu Koordinator Program Stud Doktor Ilmu Kedokteran dan 4 Staff Akademik agenda acara :

  1. Penjelasan profil program studi
  2. Penjelasan tentang administrasi akademik program studi
  3. Penjelasan tentang kurikulum
  4. Penjelasan tentang pemanfaatan Laboratorium dan pengelolaannya
  5. Penjelasan tentang rekrutmen mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan
  6. Penjelasan tentang pengelolaan Perpustakaan
  7. Kunjungan ke Perpustakaan Prodi, Fakultas

Pertemuan ini di laksanakan dengan penyampaian informasi dari pihak Prodi Doktor Ilmu Kedokteran FK KMK UGM dan diskusi aktif dari Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FK UNUD terhadap hal- hal ang perlu di adopsi.

 

  1. Pasca Kegiatan

Setelah kegiatan ini terlaksana, kegiatan dilanjutkan dengan mengevaluasi yang dilaksanakan pada 27 April 2019 dan diteruskan dengan pembuatan Laporan Pertanggung jawaban Kegiatan.

 

  1. Evaluasi Kegiatan

Kami di Prodi telah bertemu secara internal  dan akan mengadopsi hal hal yang dianggap penting dan bermanfaat. Salah satunya adalah monitoring proses pembelajaran per-angakatan secara berkala, demikian juga akan monitoring masing-masing proses bimbingan oleh promotor. Dari serangkaian kunjungan studi di Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FK KMK UGM Yogyakarta sangat menghasilkan manfaat tentang bagaimana sistem administrasi akademik disana berjalan dengan baik, dan fasilitas Laboratorium dan Fasilitas lainnya disana yang sangat memadahi. Itu semua menjadi bahan perbandingan Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran untuk meningkatkan pelayanan administrasi dan menerapkan sistem administrasi yang lebih baik. Dan juga diharapkan kedepannya fasilitas Laboratorium pada Fakultas Kedokteran UNUD bisa ditingkatkan serta bisa menjalin kerjasama untuk penelitian dan pendidikan.

 

 

  1. Penutup

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan kepada kami dalam merealisasikan benchmarking yang telah direncanakan. Kami mengharapkan segala kesulitan dan kendala yang kami hadapi dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga untuk Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FK UNUD. Demikian laporan ini kami susun sebagai pertanggungjawaban kami atas benchmarking yang telah kami laksanakan.