LOKAKARYA KURIKULUM PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

LOKAKARYA KURIKULUM PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

Latar Belakang

Perguruan Tinggi secara berangsur angsur akan berubah peran dari institusi tempat pembelajaran, menuju ke arah institusi berbasisriset, transfer budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi dari temuan riset  dan selanjutnya menjadi agen dalam pengembangan ekonomi bangsa. Menjawab tantangan tersebut Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dituntut perannya sebagai tempat dimana budaya riset dapat menghasilkan produk produk inovasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Untuk itu diperlukan upaya evaluasi kurikulum sebagai implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Evaluasi kurikulum akan dipadukan dengan bench marking pada dua institusi pendidikan di Indonesia yakni Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada, untuk mendapatkan gambaran kurikulum by research yang diterapkan di institusi-institusi tersebut.

Hasil bench marking ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam memperbaiki kurikulum yang telah adadan nantinya menjadi pegangan untuk mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran, dosen maupun pengelola Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran. Kurikulum ini memuat ketentuan-ketentuan tentang penyelenggaraan pendidikan,  ruang lingkup isi pembelajaran dan proses penilaian pembelajaran. Diharapkan setelah lokakarya ini dihasilkan Buku kurikulum by research yang akan diterapkan dan memperbaiki kurikulum by course yang telah diterapkan sampai saat ini. Buku Kurikulum by research dan by course yang akan dihasilkan, diharapkan akan dapat memberikan kebijakan dalam arah serta penataan penelitian-penelitian dari Program Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Udayana. Selain itu dalam lokakarya ini akan dibicarakan pengembangan peta jalan penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang akan menjadi panduan dalam menentukan arah pengembangan, focus serta pengelolaan kapasitas penelitian termasuk pengembangan SDM, sarana prasarana  dan pendanaan penelitian.

Semoga dengan lokakarya kurikulum ini nantinya dapat memperbaiki kurikulum yang telah ada dan  kurikulum ini dapat memperlancar proses pendidikan dan tercapainya visi, misi dan tujuan pendidikan Program Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Tujuan

Adapun tujuan lokakarya kurikulum Program Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Udayana adalah

  1. Melakukan bench marking kurikulum pada tiga institusi pendidikan di Indonesia
  2. Melakukan evaluasi kurikulum yang telah ada di Program Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Udayana
  3. Menghasilkan kurikulum by research untuk menjawab tantangan budaya inovasi di Perguruan Tinggi

Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan lokakarya kurikulum Program Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Udayana adalah seluruh pengelola program  dan dosen pengampu Program Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Udayana, mahasiswa S3 Program Doktor Ilmu Kedokteran Universitas Udayana, alumni S3 Program Ilmu Kedokteran Universitas Udayana, Dekan FKG Saraswati Denpasar, Dekan FKIK Universitas Warmadewa, Dekan Fakultas Kedokteran Unizar, Dekan Fakultas Kedokteran Undiksa dan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Bali dan beberapa ketua beberapa instansi tempat alumni bekerja.

Waktu Pelaksanaan Lokakarya

Kegiatan lokakarya akan dilaksanakan secara daring  dan luring pada hari Rabu tanggal  22 September 2021 pukul 09.00 WITA bertempat di Ruang Sidang FK Unud dan daring melalui Webex Meeting Room  melalui link webex

 

Written by 

Where There is a Will There is a Way